Membahas Tentang Evolusi Arsitektur Komputer
Arsitektur Komputer membahas hal-hal
yang berkaitan dengan atribut-atribut yang terlihat atau di pertimbangkan oleh
pemrogram yang memiliki dampak langsung pada eksekusi logis pada sebuah
program. Dengan kata lain arsiterktur komputer membahas masalah masalah yang
berkaitan dengan dengan fungsi komponen komponen computer.
A.
Konsep
dasar arsitektur komputer
Arsitektur komputer adalah konsep
perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu system komputer. Arsitektur
komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari
kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem
interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing.
masing
bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan
mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM,
ROM, cakram keras, dll).
·
Tingkatan
Dalam Arsitektur Komputer
Ada sejumlah tingkatan dalam konstruksi dan organisasi
sistem komputer. Perbedaan paling sederhana diantara tingkatan tersebut adalah
perbedaan antara hardware dan software.
Tingkatan Dasar Arsitektur Komputer
Pada tingkatan ini Hardware sebagai tingkatan komputer yang
paling bawah dan paling dasar, dimana pada hardware ini “layer” software
ditambahkan. Software tersebut berada di atas hardware, menggunakannya dan mengontrolnya.
Hardarwe ini mendukung software dengan memberikan atau menyediakan operasi yang
diperlukan software.
Multilayerd Machine
Tingkatan dasar arsitektur komputer kemudian dikembangkan
dengan memandang sistem komputer keseluruhan sebagai “multilayered machine”
yang terdiri dari beberapa layer software di atas beberapa layer hardware.
- CPU (Central
processing Unit), yang mengendalikan semua unit sistem komputer yang
lain dan mengubah input menjadi output. CPU terdiri dari:
· Primary storage (penyimpanan
primer), berisi data yang sedang diolah dan program
· Control unit (unit pengendalian), membuat
semua unit bekerja sama sebagai suatu sistem
· Aritmatika and logical Unit, tempat
berlangsungnya operasi perhitungan matematika dan logika
- Unit Input, memasukkan data ke dalam primary storage
- Secondary storage (penyimpanan sekunder), menyediakan tempat untuk menyimpan program dan data saat tidak digunakan
- Unit
Output, mencatat
hasil pengolahan.
B. Evolusi
dan perkembangan Komputer
Sejarah
Perkembangan Komputer Sebelum tahun 1940 Sejak dahulu kala, proses pengolahan
data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan
elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya
dapat mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah
suatu evolusi panjang dari penemuan penemuan manusia sejak dahulu kala berupa
alat mekanik mahupun elektronik.
Saat ini,
komputer dan peranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan
pekerjaan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. Di antaranya
adalah sistem komputer di pasar raya yang mampu membaca kod barang belanjaan,
pusat telefon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, serta jaringan
komputer dan internet yang menghubungkan berbagai tempat di dunia.
Komputer ada 4 golongan yaitu:
1. Peralatan manual: Iaitu peralatan
pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian
alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia
2.
Peralatan Mekanik: Iaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan
dengan tangan secara manual
3. Peralatan Mekanik Elektronik: Peralatan
mekanik yang digerakkan oleh secara otomatis oleh motor elektronik
4. Peralatan Elektronik: Peralatan yang
bekerjanya secara elektronik penuh
Beberapa
peralatan yang telah digunakan sebagai alat hitung sebelum ditemukannya
komputer :
a. Abacus
Muncul sekitar
5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan di beberapa tempat hingga
saat ini, dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi. Alat ini
memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan menggunakan biji bijian
geser yang diatur pada sebuh rak. Para pedagang di masa itu menggunakan abacus
untuk menghitung transaksi perdagangan. Seiring dengan munculnya pensil dan
kertas, terutama di Eropa, Abacus kehilangan popularitasnya.
b. Kalkulator roda numerik (
numerical wheel calculator )
Setelah hampir
12 abad, muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi. Pada tahun 1642,
Blaise Pascal (1623-1662), yang pada waktu itu berumur 18 tahun, menemukan apa
yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator)
untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak.
c. Kalkulator roda numerik 2
Tahun 1694
seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz
(1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan.
Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan
roda-roda gerigi. Dengan mempelajari catatan dan gambar-gambar yang dibuat oleh
Pascal, Leibniz dapat menyempurnakan alatnya.
d. Kalkulator Mekanik
Charles Xavier
Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik
dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, mempresentasikan pendekatan yang
lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan,
pengurangan, perkalian, dan pembagian. Dengan kemampuannya, arithometer banyak
dipergunakan hingga masa Perang Dunia I. Bersama-sama dengan Pascal dan
Leibniz, Colmar membantu membangun era komputasi mekanikal.
Saat ini,
komputer sudah semakin canggih. Tetapi, sebelumnya komputer tidak sekecil,
secanggih, sekeren dan seringan sekarang. Dalam sejarah komputer, ada 5
generasi dalam sejarah komputer.
1.
Generasi Pertama (1944-1959)
Tabung hampa
udara sebagai penguat sinyal, merupakan ciri khas komputer generasi pertama.
Pada awalnya, tabung hampa udara (vacum-tube) digunakan sebagai komponen
penguat sinyal. Bahan bakunya terdiri dari kaca, sehingga banyak memiliki
kelemahan, seperti: mudah pecah, dan mudah menyalurkan panas. Panas ini perlu
dinetralisir oleh komponen lain yang berfungsi sebagai pendingin. Dan dengan adanya
komponen tambahan, akhirnya komputer yang ada menjadi besar, berat dan mahal.
Pada tahun 1946,
komputer elektronik didunia yang pertama yakni
ENIAC sesai dibuat. Pada komputer tersebut terdapat 18.800 tabung hampa udara
dan berbobot 30 ton. begitu besar ukurannya, sampai-sampai memerlukan suatu
ruangan kelas tersendiri. Pada gambar nampak komputer ENIAC, yang merupakan
komputer elektronik pertama didunia yang mempunyai bobot seberat 30 ton,
panjang 30 M dan tinggi 2.4 M dan membutuhkan daya listrik 174 kilowatts.
2.
Generasi Kedua (1960-1964)
Transistor
merupakan ciri khas komputer generasi kedua. Bahan bakunya terdiri atas tiga
lapis, yaitu: “basic”, “collector” dan “emmiter”. Transistor merupakan
singkatan dari Transfer Resistor, yang berarti dengan mempengaruhi daya tahan
antara dua dari tiga lapisan, maka daya (resistor) yang ada pada lapisan
berikutnya dapat pula dipengaruhi. Dengan demikian, fungsi transistor adalah
sebagai penguat sinyal.
Sebagai
komponen padat, tansistor mempunyai banyak keunggulan seperti misalnya: tidak
mudah pecah, tidak menyalurkan panas. dan dengan demikian, komputer yang ada
menjadi lebih kecil dan lebih murah. Pada tahun 1960-an, IBM memperkenalkan
komputer komersial yang memanfaatkan transistor dan digunakan secara luas mulai
beredar dipasaran. Komputer IBM- 7090 buatan Amerika Serikat merupakan salah
satu komputer komersial yang memanfaatkan transistor.
Komputer ini
dirancang untuk menyelesaikan segala macam pekerjaan baik yang bersifat ilmiah
ataupun komersial. Karena kecepatan dan kemampuan yang dimilikinya, menyebabkan
IBM 7090 menjadi sangat popular. Komputer generasi kedua lainnya adalah: IBM
Serie 1400, NCR Serie 304, MARK IV dan Honeywell Model 800.
3.
Generasi Ketiga (1964-1975)
Konsep semakin
kecil dan semakin murah dari transistor, akhirnya memacu orang untuk terus
melakukan pelbagai penelitian. Ribuan transistor akhirnya berhasil digabung
dalam satu bentuk yang sangat kecil. Secuil silicium yag mempunyai ukuran
beberapa milimeter berhasil diciptakan, dan inilah yang disebut sebagai
Integrated Circuit atau IC-Chip yang merupakan ciri khas komputer generasi
ketiga. Cincin magnetic tersebut dapat di-magnetisasi secara satu arah ataupun
berlawanan, dan akhirnya men-sinyalkan kondisi “ON” ataupun “OFF” yang kemudian
diterjemahkan menjadi konsep 0 dan 1 dalam system bilangan biner yang sangat
dibutuhkan oleh komputer.
Pada setiap
bidang memory terdapat 924cincin magnetic yang masing-masing mewakili satu bit
informasi. Jutaan bit informasi saat ini berada didalam satu chip tunggal
dengan bentuk yang sangat kecil. Komputer yang digunakan untuk otomatisasi
pertama dikenalkan pada tahun 1968 oleh PDC 808, yang memiliki 4 KB (kilo-Byte)
memory dan 8 bit untuk core memory. Dapat digunakan untuk multiprogram. Contoh
komputer generasi ketiga adalah Apple II, PC, dan NEC PC.
4. Generasi Keempat (1975-Sekarang)
Komputer generasi
keempat masih menggunakan IC/chip untuk pengolahan dan penyimpanan data.
Komputer generasi ini lebih maju karena di dalamnya terdapat beratus ribu
komponen transistor. Proses pembuatan IC komputer generasi ini dinamakan
pengintegrasian dalam skala yang sangat besar. Pengolahan data dapat dilakukan
dengan lebih cepat atau dalam waktu yang singkat. Media penyimpanan komputer
generasi ini lebih besar dibanding generasi sebelumnya.
Komputer
generasi ini sering disebut komputer mikro. Contohnya adalah PC (Personal
Computer). Teknologi IC komputer generasi ini yang membedakan antara komputer
mikro dan komputer mini serta main frame. Beberapa teknologi IC pada generasi
ini adalah Prosesor 6086, 80286, 80386, 80486, Pentium I, Celeron, Pentium II,
Pentium III, Pentium IV, Dual Core, dan Core to Duo. Generasi ini juga
mewujudkan satu kelas komputer yang disebut komputer super.
5. Generasi
Kelima (Sekarang – Masa depan)
Generasi
kelima dalam sejarah evolusi komputer merupakan komputer impian masa depan. Ia
diperkirakan mempunyai lebih banyak unit pemprosesan yang berfungsi bersamaan
untuk menyelesaikan lebih daripada satu tugas dalam satu masa. Komputer ini
juga mempunyai ingatan yang amat besar sehingga memungkinkan penyelesaian lebih
dari satu tugas dalam waktu bersamaan. Unit pemprosesan pusat juga dapat
berfungsi sebagai otak manusia. Komputer ini juga mempunyai kepandaian
tersendiri, merespon keadaan sekeliling melalui penglihatan yang bijak dalam
mengambil sesuatu keputusan bebas dari pemikiran manusia yang disebut sebagai
artificial intelligence. Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan
teknologi semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima.
Dua kemajuan rekayasa yang terutama
adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model von Neumann.
Model von Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan
banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi
superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun,
yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi. Jepang adalah negara yang
terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima.
C.
Klasifikasi
Arsitektur
Pada komputer terdapat berbagai
klasifikasinya dalam hal appaun. Setiap komputer tentunya memilik klasifikasi
masing-masing.
1) Arsitektur Von Neumann
Arsitektur
von Neumann (atau Mesin Von Neumann) adalah arsitektur yang diciptakan oleh
John von Neumann (1903-1957). Arsitektur ini digunakan oleh hampir semua
komputer saat ini. Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat
bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat
masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh
berkas kawat, “bus”.
Kriteria mesin Von Neumann :
1. Mempunyai subsistem hardware dasar yaitu sebuah
CPU, sebuah memori dan sebuah I/Osistem
2. Merupakan stored-program computer
3. Menjalankan instruksi secara berurutan
4. Mempunyai jalur (path) bus antara memori dan CPU
Pada tahun 1966, Flyyn mengklasifikasikan arsitektur
komputer berdasarkan sifatnya yaitu :
1. Jumlah prosesor
2. Jumlah program yang dapat dijalankan
3. Struktur memori
Menurut Flyyn ada 4 klasifikasi komputer :
1.
SISD
(Single Instruction Stream, Single Data Stream)
Satu CPU yang mengeksekusi instruksi
satu persatu dan menjemput atau menyimpan data satu persatu.
2.
SIMD
(Single Instruction Stream, Multiple Data Stream)
Satu unit kontrol yang mengeksekusi
aliran tunggal instruksi, tetapi lebih dari satu Elemen Pemroses
3. MISD (Multiple Instruction Stream,
Single Data Stream)
Mengeksekusi beberapa program yang
berbeda terhadap data yang sama.
·
Adadua
kategori:
– Mesin dengan Unit pemroses berbeda dengan instruksi yang berbeda dengan data yang sama (sampai sekarang tidak ada mesin yang seperti ini)
– Mesin, dimana data akan mengalir ke elemen pemroses serial
4. MIMD (Multiple Instruction Stream,
Multiple Data Stream
Juga disebut multiprocessors, dimana
lebih dari satu proses dapat dieksekusi berikut terhadap dengan datanya
masing-masing,
2)
Arsitektur
RISC
RICS
singkatan dari Reduced Instruction Set Computer. Merupakan bagian dari
arsitektur mikroprosessor, berbentuk kecil dan berfungsi untuk negeset istruksi
dalam komunikasi diantara arsitektur yang lainnya. Reduced Instruction Set
Computing (RISC) atau “Komputasi set instruksi yang disederhanakan” pertama
kali digagas oleh John Cocke, peneliti dari IBM di Yorktown, New York pada
tahun 1974 saat ia membuktikan bahwa sekitar 20% instruksi pada sebuah prosesor
ternyata menangani sekitar 80% dari keseluruhan kerjanya. Komputer pertama yang
menggunakan konsep RISC ini adalah IBM PC/XT pada era 1980-an. Istilah RISC
sendiri pertama kali dipopulerkan oleh David Patterson,pengajar pada University
of California di Berkely.
Karakteristik
RISC
·
Siklus
mesin ditentukan oleh waktu yang digunakan untuk mengambil dua buah operand
dari register, melakukan operasi ALU, dan menyimpan hasil operasinya kedalam
register, dengan demikian instruksi mesin RISC tidak boleh lebih kompleks dan
harus dapat mengeksekusi secepat mikroinstruksi pada mesin-mesin CISC
·
Operasi
berbentuk dari register-ke register yang hanya terdiri dari operasi load dan
store yang mengakses memori . Fitur rancangan ini menyederhanakan set instruksi
sehingga menyederhanakan pula unit control
·
Penggunaan
mode pengalamatan sederhana, hampir sama dengan instruksi menggunakan
pengalamatan register.
·
Penggunaan
format-format instruksi sederhana, panjang instruksinya tetap dan disesuaikan
dengan panjang word.
3)
Arsitektur
CISC
Complex
instruction-set computing atau Complex Instruction-Set Computer (CISC)
“Kumpulan instruksi komputasi kompleks”) adalah sebuah arsitektur dari set
instruksi dimana setiap instruksi akan menjalankan beberapa operasi tingkat
rendah, seperti pengambilan dari memory, operasi aritmetika, dan penyimpanan ke
dalam memory, semuanya sekaligus hanya di dalam sebuah instruksi. Karakteristik
CISC dapat dikatakan bertolak-belakang dengan RISC.
Karakteristik
CISC
·
Sarat
informasi memberikan keuntungan di mana ukuran program-program yang dihasilkan
akan menjadi relatif lebih kecil, dan penggunaan memory akan semakin berkurang.
Karena CISC inilah biaya pembuatan komputer pada saat itu (tahun 1960) menjadi
jauh lebih hemat
·
Dimaksudkan
untuk meminimumkan jumlah perintah yang diperlukan untuk mengerjakan pekerjaan
yang diberikan. (Jumlah perintah sedikit tetapi rumit) Konsep CISC menjadikan
mesin mudah untuk diprogram dalam bahasa rakitan.
Ø Refrensi
·
http://www.scribd.com/doc/97383983/40/Klasifikasi-Feng-KLASIFIKASI-FENG
· http://deky.students.uii.ac.id/2012/01/08/organisasi-dan-arsitektur-komputer/
· https://www.academia.edu/12016458/Makalah_Arsitektur_Komputer
· http://www.scribd.com/doc/52467855/DEFINISI-ORGANISASI-KOMPUTE
· Stallings William, Organisasi & arsitektur computer Edisi 6, 2004, PT.INDEKS kelompok GRAMEDIA
· Naskom, S.kom. Pertemuan II - Evolusi dan Kinerja Komputer, Organisasi & Arsitektur Komputer, 2009.
· http://deky.students.uii.ac.id/2012/01/08/organisasi-dan-arsitektur-komputer/
· https://www.academia.edu/12016458/Makalah_Arsitektur_Komputer
· http://www.scribd.com/doc/52467855/DEFINISI-ORGANISASI-KOMPUTE
· Stallings William, Organisasi & arsitektur computer Edisi 6, 2004, PT.INDEKS kelompok GRAMEDIA
· Naskom, S.kom. Pertemuan II - Evolusi dan Kinerja Komputer, Organisasi & Arsitektur Komputer, 2009.
Komentar
Posting Komentar