MAKALAH TENTANG MULTIMEDIA
MULTIMEDIA
Lahirnya teknologi multimedia adalah hasil dari perpaduan kemajuan
teknologi elektronik, teknik komputer dan perangkat lunak. Kemampuan
penyimpanan dan pengolahan gambar digital dalam belasan juta warna dengan
resolusi tinggi serta reproduksi suara maupun video dalam bentuk digital.
Multimedia merupakan konsep dan teknologi dari unsur – unsur gambar, suara,
animasi serta video disatukan didalam komputer untuk disimpan, diproses dan
disajikan guna membentuk interaktif yang sangat inovatif antara komputer dengan
user. Teknologi Multimedia merupakan perpaduan dari teknologi komputer baik
perangkat keras maupun perangkat lunak dengan teknologi elektronik,
perkembangan serta pemanfaatan teknologi multimedia banyak digunakan hampir
diseluruh aspek kegiatan.
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan
menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool)
dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya
dan berkomunikasi. Bila dibandingkan dengan informasi dalam bentuk teks (huruf
dan angka) yang umumnya terdapat pada komputer saat ini, tentu informasi dalam
bentuk multimedia yang dapat diterima dengan kedua indra penglihatan manusia
dalam bentuk yang sesuai dengan aslinya atau dalam dunia yang sesungguhnya
(reality).
Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia
hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia Game. Multimedia dimanfaatkan juga
dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan
sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di
dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil
produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem
e-learning.
Multimedia
merupakan penggabungan lebih dari satu media menjadi suatu bentuk komunikasi
yang bersifat multimodal atau multichannel (Heinich, 2002; Boyle, 1997; Rieber,
1994). Multimedia telah banyak digunakan oleh para guru dan dosen untuk
menyampaikan materi ajarnya kepada para siswa dan mahasiswa. Software-software
presentasi seperti Microsoft PowerPoint menggabungkan berbagai jenis media ke
dalam suatu paket presentasi yang menarik, yang akan menarik perhatian dan
meningkatkan motivasi para pembelajar (Jonassen dkk, 1999).
1.
Definisi Multimedia
Multimedia dapat
diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan
dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio ( suara dan musik ),
grafik, animasi, dan video ( suara dan gambar ). Beberapa definisi menurut
beberapa ahli:
1. Kombinasi dari
komputer dan video (Rosch, 1996)
2. Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar,
dan teks (McComick,1996).
3. Kombinasi dari paling sedikit dua
media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi,
video, teks, grafik, dan gambar ( Turban dan kawan-kawan, 2002).
4. Alat yang dapat menciptakan
presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik,
animasi, audio (suara, musik ), dan video ( Robin dan Linda, 2001).
5. Multimedia dalam konteks komputer
menurut Hofstetter 2001 adalah: pemanfaatan komputer untuk membuat dan
menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang
memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.
2.
Kebutuhan Perangkat Keras
Sebuah sistem yang dilengkapi dengan
kemampuan multimedia paling tidak memiliki kompenen yang disebut kartu suara
(sound card) sepasang speaker, dan mikropon. Kartu suara adalah kartu yang digunakan agar komputer
mendukung pemrosesan audio. Speaker adalah peranti untuk menyajikan
suara. Mikropon adalah peranti
untuk menerima suara manusia. Umumnya
komputer sekarang telah dilengkapi komponen-komponen tersebut. Untuk membentuk aplikasi multimedia, bermacam-macam
peralatan dapat digunakan.
3.
Elemen Multimedia
Sebagaimana
tersirat dalam definisi multimedia di depan, elemen multimedia meliputi :
·
Teks,
·
Suara,
·
Gamabar
statis,
·
Animasi,
dan
·
Video.
·
Teks
Teks
merupakan bentuk media yang paling umum digunakan dalam menyajikan informasi,
baik yang menggunakan model baris perintah ataupun GUI. Teks dapat disajikan
dengan berbagai bentuk font maupun ukuran.
·
Suara
Suara merupakan media ampuh untuk
menyajikan informasi tertentu: misalnya untuk memperdengarkan cara melafalkan
sebuah kata dalam bahasa inggris. Dengan bantuan suara, pemakai dapat mendengar
bunyi suatu kata dengan tepat. Suara pada komputer disimpan dengan berbagai format.
Format berkas suara pada computer
Ø Format
Ø Ekstensi
Ø Keterangan
Ø AIFF
Ø .aif
Kepanjangannya
adalah Audio Interface File Format, merpakan standar berkas suara tersempel
pada computer
Ø Apple.
Ø AU
Ø .au
Format
suara yang pertama kali dikembangkan oleh Sun. Terkenal di lingkungan UNIX.
Ø MIDI
Ø .mid
Kepanjangannya
adalah Musical Instrument Digital Interface, merupakan format suara yang khusus
menyimpan instrumen musik. Tidak biasa untuk suara.
Ø MP3
Ø .mp3
Format
yang umum digunakan untuk lagu.
Ø WAVE
Ø .wav
Format suara yang
biasa dipakai untuk windows.
Ø WMA
Ø .wma
kepanjangannya
adalah Windows Media Audio, merupakan berkas suara yang mempunyai kualitas
seperti CD tetapi dengan ukuran berkas hanya setengah dari ukuran berkas MP3.
Berbagai
perangkat lunak dapat digunakan untuk merekam suara. Sebagai contoh, Sound
Recorder yang tersedia pada Windows dapat digunakan untuk merekam suara dengan
format WAVE.
·
Gambar Statis
Kata
pepatah, “Gambar mewakili seribu kata”. Hal ini mencerminkan bahwa sebuah
gambar seringkali dapat lebih berarti bagi seseorang dari pada sejumlah kata.
Umumnya gambar disimpan dengan cara dimampatkan. Tujuannya adalah untuk menghemat ruang dalam penyimpanan eksternal. Untuk melakukan pemampatan ini, ada dua teknik yang dikenakan. Yang pertama dinamakan teknik lossless dan yang kedua adalah teknik lossy. Teknik pemampatan lossy adalah suatu teknik yang memampatkan data sehingga gambar rekonstruksi hasil
Umumnya gambar disimpan dengan cara dimampatkan. Tujuannya adalah untuk menghemat ruang dalam penyimpanan eksternal. Untuk melakukan pemampatan ini, ada dua teknik yang dikenakan. Yang pertama dinamakan teknik lossless dan yang kedua adalah teknik lossy. Teknik pemampatan lossy adalah suatu teknik yang memampatkan data sehingga gambar rekonstruksi hasil
pemampatan
mempunyai perbedaan dengan gambar asli, tetapi bagi mata manusia kelihatan
sama. Dengan cara seperti ini, gambar dapat dimampatkan sekecil mungkin. Teknik
pemampatan lossless adalah suatu teknik yang menghasilkan gambar rekonstruksi
yang sama dengan gambar aslinya. Banyak format gambar yang telah diimplementasikan
dalam sistem komputer.
Format
beberapa gambar pada computer
Ø Format
Ø Ekstensi
Ø Keterangan
Ø BMP
Ø .bmp
Kepanjangannya
adalah BitMap Grafics. Format yang biasa digunakan pada DOS dan Windows.
Ø CDR
Ø .cdr
Format
gambar yang dihasilkan CorelDraw.
Ø DXF
Ø .dxf
DXF
(Drawing eXchange Format) adalah format gambar yang dihasilkan program AutoCAD.
Ø EPS
Ø .eps
Kepanjangannya
adalah Encapsulated PostScript. Format yang dapat digunakan untuk teks dan
gambar.
Ø GIF
Ø .gif
Kepanjangannya
adalah Grafics Interchange Format. Dikembangkan oleh Compuserve pada tahun
1987. Hanya dapat menangani 256 warna.
Ø HPG
Ø .hpg
Format
dari Hewlett Packard (Hewlett Packard Graphics Language).
Ø JPG
Ø .jpg
Ø .jpeg
Ø .jpe
Kepanjangannya
adalah Joint Photographic Expert Group. Tingkat kompresinya sangat tinggi.
Ø PCX
Ø .pcx
Format
yang digunakan oleh perangkat lunak Paintbrush.
Ø PNG
Ø .png
PNG (Portable Network Graphics) dirancang oleh W3C (World
Wide Web Consortium) untuk menggantikan GIF dan JPEG. Formatnya didesain supaya
tidak tergantung pada mesin, sehingga dapat ditangani oleng sembarang jenis
komputer dan sistem operasi.
Ø TGA
Ø .tga
Format
Targa (TGA) merupakan format berkas gambar yang dimuat oleh True Vision, Inc.
untuk mengimplementasikan true color (warna alami yang mengandung jutaan
warna).
Ø TIFF
Ø .tif
Kepanjangannya adalah Tagged Image File Format. Format ini
bisa digunakan pada desktop publishing.
Ø WMF
Ø .wmf
Kepanjangannya adalah Windows MetaFile. Biasa dijumpai pada
Windows.
Ø WPG
Ø .wpg
Format gambar yang dihasilkan oleh DrawPerfect.
Berbagai perangkat lunak tersedia untuk membuat gambar statis. Adobe Photoshop merupakan contoh perangkat lunak terkenal di Windows yang digunakan untuk memanipulasi gambar dan foto. Di lingkungan Linux terdapat GIMP. Paint merupakan program grafik sederhana yang dapat digunakan untuk membuat gambar dengan menggunakan mouse.
Berbagai perangkat lunak tersedia untuk membuat gambar statis. Adobe Photoshop merupakan contoh perangkat lunak terkenal di Windows yang digunakan untuk memanipulasi gambar dan foto. Di lingkungan Linux terdapat GIMP. Paint merupakan program grafik sederhana yang dapat digunakan untuk membuat gambar dengan menggunakan mouse.
·
Animasi
Animasi berarti teknik untuk
membuat gambar yang bergerak. Berbagai teknik animasi telah diciptakan. Cara
sederhana untuk membuat gambar bergerak adalah dengan menggunkan sejumlah
gambar yang berbeda sedikit. Deretan gambar untuk membentuk animasi pesawat
ruang angkasa ysng sedang melepaskan roket pendorong.
Cara ini dapat dibuat dengan
mudah menggunakan perangkat lunak seperti Ulead GIF Animator, yang akan membuat
deretan gambar tersebut disimpan pada sebuah berkas dengan eksistensi .gif.
Teknik animasi yang lain yang sangat terkenal adalah morphing. Teknik ini
dilakukan dengan menggunakan konsep metamorfose dari suatu gambar awal menjadi
gambar akhir. Teknik ini digunakan pada film Terminator.
·
Video
Video adalah teknologi
pemrosesan sinyal elektronik mewakilkan gambar bergerak. Aplikasi umum dari
teknologi video adalah televisi. Istilah video juga digunakan sebagai singkatan
dari videotape, dan juga perekam video dan pemutar video. Banyak format video yang telah diimplementasikan
dalam sistem komputer.
Ø AVI
Keterangan: Kepanjangannya
adalah Audio/Video Interleaved, merupakan standar video pada lingkungan windows.
Ekstensi : .avi
Ekstensi : .avi
Ø MOV
Format ini dikembangkan oleh Apple. Merupakan format video
yang paling banyak digunakan di Web.
Ø MPEG
Kepanjangannya adalah Motion
Picture Experts Group, merupakan format untuk video yang biasa digunakan dalam
VCD. Contoh perangkat lunak terkenal yang biasa digunakan untuk membuat
film dengan format AVI ataupun yang lain yaitu Adobe Premiere. Windows juga
menyediakan perangkat lunak untuk keperluan ini, yaitu Windows Movie Maker.
Perangkat
Lunak Untuk Menciptakan Program Multimedia
Perangkat lunak yang secara
khusus ditujukan untuk membuat aplikasi multimedia disebut multimedia authoring
system (atau sering disebut authoring software). Beberapa contoh yang tergolong
sebagai authoring software yaitu Authoware, Quest, Icon Author, dan Multimedia
Director.
REFRENSI:
Komentar
Posting Komentar