Proposal Bisnis (Ekonomi Teknik#)
Proposal Bisnis
Nama Perusahaan : BarkMarket
Alamat :
Jl. Bunga Bangsa No.21
Telepon :
087720211152
Ringkasan Eksekutif
Kami sebagai
pengambil keputusan berkomitmen menjalankan perusahaan secara professional agar
bisa memberikan produk yang berkualitas tinggi dan bisa
menjualnya dengan baik. Target minimarket kami adalah dapat memiliki peran penting dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Sehingga usaha
membuka minimarket ini adalah cara alternatif dalam mengembangkan usaha. Dalam
mengembangkan minimarket ini bukan lah hal yang sangat mudah. Permasalahan yang
sering dihadapi dalam membuka usaha minimarket yaitu menarik minat konsumen itu
sendiri, belum lagi persaingan antara minimarket yang satu dengan yang lain
dalam hal keunggulan pada setiap minimarket. Selain itu konsumen juga
memperhatikan dalam hal perbandingan harga, kualitas dan kuantitas produk juga
pelayanan yang diberikan.
Tujuan
Dalam menjalani usaha, kami
mempunyai tujuan yang terencana dengan baik, yaitu tujuan jangka pendek, jangka
menengah, dan jangka panjang.
Tujuan
jangka pendek:
Kami akan memberikan
produk-produk yang berkualitas tinngi, dengan harga yang relatif murah sehingga
masyarakat setempat tidak terbebani dengan harga yang mahal dalam minimarket
pada umumnya.
Jangka
menengah:
Kami akan memberikan produk
yang terlengkap dan termurah dalam setiap barang yang ada dalam minimarket
kami, dan kami menyediakan layanan antar jemput untuk masyarakat sekitar, serta
memberikan fasilitas belanja Online sehingga mempermudah masyarakat dalam
membeli setiap barang di minimarket kami.
Jangka
Panjang:
Kami akan terus berinovasi
guna menjawab tantangan zaman, sehingga dapat bersaing secara global.
Misi
dan Visi Perusahaan
Visi :
Menjadi toko swalayan berdaya saing global.
Misi :
- Mengembangkan pelayanan yang responsif dan inovatif, tanggap terhadap aspirasi, kebutuhan dan kepentingan anggota dan masyarakat.
- Meningkatkan pendapatan hasil usaha melalui melalui pengelolaan resiko usaha yang responsif, serta pengaturan beban dan efisiensi biaya.
- Meningkatkan motivasi dan semangat kerja karyawan secara optimal melalui peningkatan dedikasi, disiplin, dan kemampuan kerja serta penghargaan yang memadai sesuai dengan kinerjanya.
Sekilas Perusahaan
BarkMarket adalah perusahaan yang menyediakan
kebutuhan sehari-hari masyarakat pada umumnya, seperti sayuran, buah-buahan,
alat-alat keperluan dapur dan sebagainya.
Kepemilikan
Perusahaan
BarkMarket adalah perusahaan Perotangan yang
dimiliki oleh Barkah Hidayah.
Sejarah Singkat
Perusahaan
BarkMarket adalah perusahaan yang
bergerak dibidang pemberi jasa kebutuhan, khususnya kebutuhan sembako. Didirikan pada 21 Desember 2010 oleh Barkah Hidayah. Perusahaan ini berlokasi di
Jl. Bunga
Bangsa No.21
Lokasi dan Fasilitas
Perusahaan
BarkMarket Berlokasi di Jl. Bunga Bangsa N0.14. Tempat usaha berupa
bangunan sewa dua lantai dengan ukuran 4x4 meter.
Produk
BarkMarket adalah
minimarket yang akan menyediakan berbagai macam kebutuhan
masyarakat, antara lain:
1. Kebutuhan
Sembako
2. Loket
pembayaran tagihan online (PLN,Telkom,PDAM,Cicilan Leasing, Kartu Kredit,Transfer Uang, dan lain sebagainya)
3. Jasa
keagenan pakaian (Agen Loundry)
4. Jasa
pembelian tiket Pesawat dan Kereta Api
5. Dan
lain-lain.
Karakteristik dan
Perbandingan Kompetitif Produk
Produk kami adalah produk berkualitas yang berbeda dalam
bentuk penyajian dan karakteristiknya. Sejalan
dengan perkembangan waktu dan perubahan gaya hidup masyarakat yang berpengaruh
pada pola belanja, kegiatan bisnis ritel atau bisnis eceran modern di Indonesia
menunjukkan perkembangan pesat. Pada awal 1980-an perkembangan pasar ritel
ditunjukkan dengan munculnya gerai perdagangan ecaran modern di kota-kota
besar. Pada awal 1990-an sampai dengan sekarang
gerai perdagangan eceran modern merambah kota-kota kecil. Industri ritel tumbuh
pesat dengan menjamurnya pasar modern. Pertumbuhan ritel di Indonesia pada
tahun 2008 sebesar 21 persen dan menempati urutan kedua di Asia Pasifik setelah
China. Yang dimaksud dengan pasar modern adalah swalayan yang mana pelayanan
dilakukan sendiri oleh konsumen karena toko tidak menyediakan pramuniaga yang
khusus melayani konsumen. Bentuk kegiatan perdagangan eceran modern yang
bergerak pada sektor industri ritel, umumnya berupa Hypermarket, supermarket
dan minimarket.
Analisis Pasar
Maraknya produk bajakan
berkualitas bagus yang dijual murah di pasar tentu akan menjadi salah satu
kendala dalam pemasaran produk kami. Namun begitu, kami berkeyakinan bahwa
produk kami, Insya Allah masih bisa laku lantaran kami menjamin barang yang
ada di toko kami 100% halal dan murah.
Analisis Industri
Saat ini kami mengetahui bahwa ada beberapa perusahaan minimarket lokal yang sudah menjual produknya keberbagai daerah, namun begitu kami tetap berkeyakinan kalau minimarket kami, Insya Allah masih bisa laku lantaran adanya
perbedaan karakteristik. Selain itu, kami pun memberikan harga yang termurah dibandingan dengan
minimarket yang lain.
Peramalan Pasar
Jika kelak tujuan jangka menengah kami sudah tercapai,
Insya Allah kami siap bersaing di pasar Internasional.
Strategi Pemasaran
Strategi kami adalah strategi
samudera biru, yang mana perusahaan kami akan bekerja sama dengan perusahaan
lain guna mencapai tujuan. Salah satunya adalah bekerja sama dengan beberapa
perusahaan sofware lokal dalam hal promosi dan pemasaran.
Organisasi
Perusahaan kami terdiri dari empat orang pendiri yang
masing-masing akan mengepalai divisi yang dipimpinnya.
Divisi
Produksi
- Kepala Produksi
Divisi
Keuangan dan Manajemen
- Kepala keuangan dan manajemen
Bertanggung jawab dalam menyediaan dana produksi dan
operasional
- Akuntan
- Administrasi
Divisi
Operasional dan Pemeliharan
- Kepala operasional dan pemeliharaan
Bertanggung jawab dalam penyediaan dan memelihara
perlengkapan kerja.
- Teknisi
- OB
Divisi
Pemasaran
- Kepala pemasaran
Bertanggung jawab dalam penjualan produk dan promosi.
- Humas
- Sales
Estimasi Biaya
Biaya Investasi
Perlengkapan
- Minuman
- Bahan Makanan
- Jajanan
- Obat-obatan
- Alat Tulis
- Keperluan Rumah Tangga
- dll
Perangkat Keras
- 2 buah meja
- 2 buah Komputer
- 2 buah Scanner
- 2 buah Printer
- 5 bauh CCTV
- 4 buah AC
- Kantong plastik
- dll
Biaya Operasional
- Listrik selama setahun
- Telepon selama setahun
- Perlengkapan minimarket setahun
Total biaya Operasional =
Rp. 35.000.000
Total Biaya keseluruhan = total
biaya investasi + total biaya operasional
Total Biaya = Biaya
Investasi + Biaya Operasional
Rp. 35.000.000 + Rp.
45.000.000 = Rp. 80.000.000
Pendapatan
Berbagai macam produk
setahun, harga penjualan x target penjualan = Rp. 15.000.000 pertahun
Keuntungan
Keuntungan = Pendapatan -
Total Biaya
Revenue Cost Ratio (R/C)
R/C = Pendapatan : Total
Biaya
Rp. 15.000.000 : Rp. 60.000.000
= Rp. 4.000.000
R/C sebesar Rp. 4.000.000
menunjukkan bahwa usaha tersebut masih layak dilakukan.
Break Event Point (BEP)
BEP Produksi = Total
Biaya: Harga Jual
Rp. 60.000.000 : Rp 30.000.000
= 2 keping
BEP Harga = Total Biaya :
Total Produksi
Rp. 30.000.000 : 3 keping
= Rp. 10.000.000/keping
Angkat tersebut menunjukkan bahwa investasi akan berada
dalam titik impas jika dalam setahun mampu menjual produk sebanyak 3
keping/tahun dan tingkat harga jual Rp. 10.000.000/keping
Komentar
Posting Komentar